Beberapa orang suka bepergian ke hotel dengan berbagai alasan, entah untuk istirahat, merayakan acara, atau untuk menginap sementara selama perjalanan bisnis. Apapun alasan pelanggan dalam menginap, tentu perhotelan harus memastikan bahwa masa inap tamu akan bermanfaat dan berkesan. Lalu bagaimana tamu dapat memilih hotel anda dibandingkan hotel lain? Inilah peran strategi marketing perhotelan yang kuat sehingga hotel anda tetap bersaing di tengah maraknya kompetisi perhotelan saat ini.

 

Dapat dicari

Saat ini, calon tamu anda akan sangat mudah menemukan informasi tentang hotel anda secara online jika anda memiliki situs website atau mendaftarkan hotel anda pada Online Travel Agent. Umumnya saat ini orang tidak memerlukan travel agent untuk memesan hotel. Itu sebabnya Anda perlu memastikan bahwa hotel anda harus mudah dicari. Pastikan kehadiran online hotel Anda kuat dengan tetap menjadi yang teratas dengan optimasi SEO dan pastikan konten Anda relevan dan menggunakan kata kunci yang kuat untuk meningkatkan peluang situs hotel Anda di kunjungi.

 

Tampilkan Review

Studi menunjukkan bahwa 81% wisatawan selalu membaca ulasan sebelum memesan hotel. Sampaikan ulasan bagus yang hotel Anda terima dari tamu sebelumnya di situs web Anda dan situs ulasan lain seperti TripAdvisor sehingga Anda dapat menggunakan hal ini sebagai strategi pemasaran anda. Anda juga dapat membalas secara aktif setiap ulasan yang Anda dapatkan untuk meningkatkan keterlibatan anda sebagai pemilik hotel.

 

Maksimalkan media sosial

Anda dapat memaksimalkan media sosial untuk mempromosikan hotel Anda. Media sosial dapat menjadi media yang hebat untuk mengarahkan tamu ke situs web Anda, bahkan mengubahnya menjadi pemesanan yang terkonfirmasi. Lakukan secara berkala seperti posting konten yang relevan dengan hotel anda. Gunakan juga iklan berbayar untuk meningkatkan eksposur. Anda bahkan dapat memanfaatkan media sosial untuk menjawab pertanyaan dari tamu serta membangun keterlibatan tamu dapat menghasilkan loyalitas dan pemesanan yang berulang.

 

Program Loyalitas 

Anda dapat menjaga tamu Anda dengan merancang Program Loyalitas Member untuk meningkatkan basis tamu setia Anda. Berikan tamu repeater anda keuntungan untuk kembali menginap seperti fasilitas eksklusif untuk mereka atau berikan mekanisme perolehan poin kepada tamu Andai yang dapat mereka tukarkan dan gunakan untuk fasilitas atau barang lainnya. 

Strategi pemasaran yang efektif dapat memperkuat bisnis Anda secara signifikan. Luangkan waktu dan upaya dalam mengembangkannya untuk meningkatkan bisnis perhotelan Anda. Ecommerceloka dapat memberikan anda layanan yang dapat memperkuat strategi pemasaran hotel seperti Ecommerce Hospitality, Sosial Media Management, hingga Hospitality Cloud System yang akan memperkuat sistem perhotelan agar lebih efisien digunakan. Anda tertarik? Hubungi tim Ecommerceloka sekarang!