Harga adalah salah satu faktor yang menentukan keputusan tamu akan menginap di hotel anda atau tidak. Tentunya cara anda menawarkan harga menjadi hal yang patut di perhitungkan secara matang, terlebih jika anda harus memperhitungkan kompetitor dan target market anda. Strategi hotel pricing akan membantu anda dalam mengembangkan bisnis hotel, serta tentunya akan meningkatkan ADR dan RevPAR. Simak beberapa strategi hotel pricing berikut:

1. Harga berdasarkan lama menginap

Dalam strategi pengoptimalan harga hotel, Anda dapat menyesuaikan harga berdasarkan lama menginap tamu. Lama menginap idealnya tergantung pada jumlah paket inap yang Anda tawarkan kepada tamu. Keuntungan dari harga berdasarkan lama menginap adalah bahwa tamu ditawarkan satu harga untuk seluruh masa inap mereka berdasarkan tanggal kedatangan dan total lama menginap. Tujuan utama dari stategi ini adalah mengubah harga kamar berdasarkan maksimum/minimum lama menginap untuk meningkatkan hunian dan ROI bisnis. Biasanya strategi ini banyak diterapkan pada waktu liburan atau event-event tertentu.  

 

2. Harga berdasarkan kompetitor

Apa yang dilakukan atau ditawarkan oleh kompetitor Anda adalah salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk bersaing. Oleh karena itu, Anda harus selalu memantau harga kamar kompetitor Anda dan memahami strategi penetapan harga mereka. Ingatlah untuk membandingkannya dengan harga kamar Anda untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang tren market. Berdasarkan data ini, Anda dapat merancang strategi penetapan harga hotel Anda untuk mendapatkan keunggulan di antara kompetitor Anda.

 

3. Harga berdasarkan tingkat hunian

Strategi penetapan harga berdasarkan tingkat hunian adalah tentang mengatur harga kamar hotel berdasarkan permintaan dan penawaran. Seperti produk atau layanan apa pun, kekosongan kamar hotel Anda sangat bergantung pada perbedaan antara penawaran dan permintaan. Untuk industri perhotelan, penawaran dan permintaan berubah tergantung waktu atau event tertentu. Misalnya, jika waktu libur sekolah tiba dan persediaan kamar anda terbatas oleh banyaknya booking, maka menetapkan harga kamar diatas harga normal adalah hal wajar. Atau jika weekdays adalah masa dimana hunian anda sering tersisa banyak, anda dapat menetapkan harga kamar sesuai dengan kondisi hotel anda. Hal ini disebut dengan harga hotel dinamis.

Jika anda mencari sistem hotel seperti booking engine yang mampu menawarkan hotel pricing system secara otomatis berdasarkan tingkat hunian, maka anda bisa mencoba LokaEngine dari ecommerceloka. Lokaengine mampu memberikan harga otomatis sesuai yang anda setup berdasarkan tingkat hunian sehingga anda tidak perlu mengubah manual secara berkala atau bahkan lupa mengelola strategi harga kamar untuk mengisi hunian anda. Hubungi ecommerceloka.com sekarang!