Metasearch telah menjadi tren dalam digital marketing yang berkembang pada industri perhotelan. Namun, keberadaannya sering disalahartikan dengan keberadaan OTA (Online Travel Agent). Dari segi fitur, meta search maupun OTA memiliki kemiripan. Keduanya memberi pengguna kemampuan untuk memeriksa ketersediaan, harga, properti, dan detail kamar untuk berbagai properti di satu tempat. Dan keduanya menekankan pentingnya review pada sebuah property.  Contoh Metasearch yang popular saat ini adalah Google, Tripadvisor, dan Trivago.

Namun, ada perbedaan yang sangat penting antara kedua model tersebut. Pertama, OTA menjual kamar atas nama Anda. Wisatawan membeli kamar dari OTA, yang menyimpan komisi sebagai imbalan atas layanan mereka. Mesin metasearch hotel tidak menjual langsung ke wisatawan, melainkan hanya aggregator informasi, menjelajah internet dan mengumpulkan informasi di satu tempat. 

Saat traveler siap memesan, mereka mengklik OTA yang dipilih – atau ke situs web Anda – dan menyelesaikan pemesanan. Mesin metasearch biasanya akan menagih pembayaran pada hotel Anda untuk setiap klik ke situs hotel Anda, atau untuk pemesanan yang telah selesai. Hal inilah yang menjadi perbedaan kedua yaitu peluang biaya lebih rendah dari meta search dibandingkan dengan OTA. 

Tarif kamar memainkan peran besar dalam keberhasilan metasearch hotel Anda. Namun, jangan tergoda untuk melakukan strategi turun harga. Jaminan harga terbaik adalah nilai jual yang baik. Mempertahankan integritas tarif sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja Anda – sehingga pastikan tarif pada metasearch sesuai dengan situs web hotel anda.

ecommerceloka dapat meninjau strategi metasearch hotel anda saat ini sehingga dapat meningkatkan kesempatan direct booking lebih tinggi. Konsultasikan sekarang!