Ketika tamu melakukan reservasi hotel, mereka mengharapkan proses yang efisien dan lancar, tentu jika hotel menginginkan hal ini maka perlu beralih dari proses manual menjadi proses yang otomatis sehingga memungkinkan tamu untuk memesan kamar kapanpun melalui channel pilihan mereka. 

 

Baik online maupun offline, di balik setiap pengalaman pemesanan yang lancar terdapat sistem manajemen perhotelan yang cepat, andal, dan terintegrasi penuh. Lalu bagaimana sistem reservasi hotel bekerja? Setelah staff ecommerce atau manager hotel memuat inventaris, tarif hingga restriction reservasi pada sistem Central Reservation System, informasi tersebut kemudian diisi kedalam Property Management System, dan didistribusikan dengan bantuan Channel Manager yang memuat informasi (tarif, alokasi, dan restriction), sehingga pemesanan tersedia pada OTA, Website, atau metasearch. Ketika tamu memesan kamar hotel melalui salah satu channel, maka informasi tersebut akan di teruskan ke CRS dan PMS dan disimpan untuk keperluan pada saat check in, pada saat yang sama, ketersediaan kamar akan di perbaharui di seluruh channel. Tentu saja, proses ini bergantung pada konektivitas dua arah antara CRS dan komponen lainnya. Jika komponen tidak terintegrasi, staff harus melakukan tugas ini secara manual, proses yang memakan waktu dan rawan kesalahan.

 

Inilah Keuntungan adanya Sistem Reservasi pada Hotel Anda

Saat ini sebagian besar hotel mungkin telah pindah ke sistem reservasi digital bertahun-tahun yang lalu, namun sejumlah hotel kecil, hostel, dan homestay masih menggunakan proses manual. Hal ini menempatkan mereka pada posisi yang tidak menguntungkan dibandingkan pesaing mereka yang lebih maju teknologi. Keuntungan sistem reservasi hotel adalah : Dengan mesin pemesanan pada situs web, para tamu dapat memesan secara online kapan saja, dari mana saja, Meningkatkan efisiensi dan mencegah kesalahan, menghasilkan banyak revenue, dapat mengelola tarif dan ketersediaan secara real-time, dan pembayaran otomatis.

 

Fitur apa yang harus Anda cari dalam sistem reservasi hotel?

Ada banyak pilihan dalam memilih sistem reservasi hotel. Agar menemukan solusi terbaik untuk operasional hotel Anda, pastikan sistem reservasi anda memiliki beberapa fitur utama seperti: platform berbasis cloud sehingga dapat diakses di perangkat manapun dan kapan saja dengan koneksi internet, mampu terintegrasi dengan PMS hotel anda, sistem reservasi yang user friendly dan dapat menyesuaikan dengan website, mobile friendly, tersedia fitur pelaporan dan analisis data, dan terdapat support staff dari penyedia sistem reservasi yang dapat melayani dan mendukung anda dalam mengelola sistem reservasi.

eCommerceloka hadir dengan Hospitality Cloud System yang memiliki sistem reservasi dengan  harga terjangkau dan didukung dengan kemampuan sistem yang dapat memberikan hotel kemudahan dan peningkatan revenue. Hospitality Cloud System dari ecommerceloka terintegrasi dengan dengan Channel Manager, Booking Engine, dan Central Reservation System berbasis Cloud, sehingga anda dapat mengontrol, meningkatkan dan memaksimalkan revenue pada hotel. Tertarik untuk mencoba? Hubungi ecommerceloka sekarang