Sistem manajemen hotel sangat penting untuk menjalankan bisnis properti Anda secara efisien, revenue yang meningkat, dan memastikan tamu mendapatkan pengalaman yang luar biasa.  Sistem Manajemen Hotel meliputi sistem yang mengatur operational property anda menjadi lebih lancar, seperti Front Desk system, Revenue Management, Reservation System, dan Customer Data Management. Sistem tersebut biasanya disediakan secara cloud atau membutuhkan perangkat khusus pada instalasinya.

Oleh karena itu, jika terjadi masalah teknis pada perangkat sistem manajemen properti, Anda harus menanggapinya dengan serius. Hal ini dikarenakan sistem management hotel merupakan investasi jangka panjang bagi properti anda. Berikut beberapa tanda yang harus anda pertimbangkan untuk mengganti sistem manajemen hotel:

 

1. Sistem susah digunakan (Tidak user friendly)

Sistem Management Hotel yang baik secara alami dioperasikan secara efisien oleh karyawan anda. Biasanya provider Sistem Management Hotel akan melakukan pelatihan terhadap penggunaan sistem, namun jika terjadi error atau sistem yang sulit digunakan dan dioperasikan oleh karyawan, mungkin anda perlu mempertimbangkan untuk melihat sistem management hotel lainnya.

 

2. Integrasi dengan Third Party

Sistem management hotel secara teoiritis tentu berintegrasi dengan sistem lainnya, namun jika integrasi tidak terjadi secara real-time artinya data harus dimasukkan secara manual, mungkin anda perlu mempertimbangkan adanya perubahan, karena hal ini tentu akan tidak efisien secara waktu maupun finansial, serta besar terjadinya human error saat input data terjadi.  Ada baiknya anda mulai mempertimbangkan sistem management hotel yang berbasis cloud sehingga dapat mengoptimalkan skalabilitas Anda dan menjamin operational Anda di masa depan. Dengan cloud, property anda dapat melakukan efisiensi cukup tinggi, mulai dari pencadangan data, perlindungan, harga bulanan, hosting yang jauh lebih hemat energi dibandingkan perangkat keras.

 

3. Return on Investment yang rendah

Sistem Management Hotel tidak hanya bertugas untuk menghemat waktu dan efisiensi pekerjaan, namun dapat juga menghasilkan pendapatan untuk bisnis Anda. Misalkan sistem Anda tidak menyertakan otomatisasi pemasaran, daftar riwayat tamu semasa inap, dan dasbor yang tidak dipahami tentu ini akan menyebabkan anda kehilangan biaya dan peningkatan penjualan. 

 

Lalu apa selanjutnya? 

Ecommerceloka memberikan paltform berbasis cloud yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja untuk memudahkan operasional properti anda. Hospitality Cloud System dari ecommerceloka dalah sistem yang terintegrasi dengan Channel Manager, Booking Engine, dan Central Reservation System (basis Cloud), sehingga anda dapat mengontrol, meningkatkan dan memaksimalkan revenue pada hotel.

Dengan sistem yang canggih, Hospitality Cloud System memungkinkan Anda mengelola reservasi, memperbarui tarif, dan menyesuaikan pengalaman pelanggan sesuai keinginan Anda. Jika Anda yakin sistem manajemen properti Anda menghambat Anda dan mencegah Anda berinovasi, hubungi Ecommerceloka.